The increase occurred namely, (1) the average value of student pre-action was 65.19, (2) the average evaluation value of the first cycle was 74.81, (3) the average evaluation value of the second cycle was 73.88 with a percentage 75% completeness. The improvement is shown by the value of listening to folklore by rewriting the folklore and being able to tell in front of the class about folklore. Cycle II is more focused on students being able to retell folklore which they read later in front of the class.
The action uses puzzle media cycle II based on the interview text. The first cycle of learning activities of students infiltrate the people who made pieces so that it becomes a collapsed story and then students read folklore in turn. Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Unsur-unsur pembangun cerpen. The data analysis technique used is descriptive qualitative. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Unsur-unsur pembangun cerpen. Data collection methods used are observation, testing, and documentation. Namun, meskipun hanya bersifat rekaan, cerpen ditulis berdasarkan kenyataan. Di samping itu, cerpen bersifat rekaan (fiction). Ukuran pendek di sini diartikan bahwa dapat selesai dibaca sekali duduk dalam waktu kurang dari satu jam.
The object of research is learning outcomes. Pengertian cerpen Menurut bentuk fisiknya, cerita pendek (cerpen) adalah cerita yang pendek. Alur cerita ialah rangkaian peristiwa yang membentuk sebuah cerita. In the Indonesian language class V MI Nurul Falah Gelam Jaya, Pasar Kemis District, which numbered 26 students. Delina Rahayu XI IA 1 (05) Eka Dian A XI IA 1 (09) Rr Dwi Listyorini XI IA 1 (30) 3. The purpose of this Classroom Action Research is to improve student learning outcomes through the media Puzzle. 1) pemilihan materi ajar cerpen untuk siswa tingkat MTs dan melakukan analisis struktur unsur intrinsik materi cerpen tersebut, 2) penyusunan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan penerapan metode diskusi, inkuiri dan sosiodrama di dalam pembelajaran cerpen, serta dilengkapi dengan evaluasi pembelajaran cerpen.
Selain itu, terselip pesan bahwa orang muda dan kuat tidak seharusnya menjadi pengemis, lebih baik mencari pekerjaan dan berusaha memperbaiki hidup dengan berdagang atau berniaga. Improving student learning outcomes with the media Puzzle on folklore material class V MI Nurul Falah Gelam Jaya. Dalam cerpen tersebut, dikisahkan tentang seorang tukang sol sepatu yang baik hati dan ringan tangan membantu seorang pengemis tua yang cacat.